Tips Mencuci Baju Mudah Memakai Tangan

Mirip seperti membersihkan rumah, mencuci pakaian juga merupakan kegiatan yang harus dilakukan secara rutin. Bayangkan kalau Folvarians tidak mencuci baju dalam waktu lama dan hanya membiarkan pakaian kotor menumpuk di rumah. Memang mencuci baju terkadang terasa melelahkan ya.

Mencuci baju memang bukan kegiatan yang bisa dibilang ringan sih Folvarians. Untungnya sekarang ini jaman sudah sangat maju dan sudah ada teknologi mesin cuci yang bisa membantu kamu dalam mencuci baju. Bahkan kamu dapat menemukan banyak jasa mencuci baju di luar sana.

Tapi mesin cuci juga memiliki kekurangannya sendiri, tidak selamanya jasa mencuci baju dapat membantumu Folvarians. Kalau sudah seperti ini, jalan satu-satunya adalah dengan mencuci bajumu sendiri secara tradisional, yaitu dengan menggunakan tangan.

Nah, di sini Folva ingin berbagi tips dan trik yang dapat membantu kamu mencuci baju menggunakan tangan, juga membahas kesalahan mencuci pakaian yang mungkin kamu lakukan!

Mencuci dengan memasukkan baju kotor terlebih dahulu ke dalam ember sebelum diisi air

Nah, siapa yang sering melakukan ini di rumah? Siapa yang mengira kalau ternyata hal ini bisa menyebabkan baju kesayanganmu rusak. Padahal sepertinya tidak ada bedanya memasukkan air terlebih dahulu atau pakaian kotor lebih dulu. Ternyata ada loh Folvarians!

Pakaian kotor yang disirami dengan air, apalagi air berarus kencang dapat membuat kain baju tertekan sehingga merusak kain. Pakaian yang terkena langsung dengan deterjen mencuci baju juga akan membuat kamu kesulitan membilas baju-baju kamu.

Triknya di sini adalah mencuci baju dengan air biasa atau air dingin atau normal. Setelah mengisi air ke dalam ember, barulah kamu mulai mencuci baju dengan merendam pakaian kotormu ke dalam ember.

Menggosok noda kotor ketika mencuci baju

Tahukah kamu, memcuci baju dengan menggosok pakaian kuat-kuat dapat menyebabkan tangan dan bajumu jadi terluka?

Noda kotor yang menempel pada pakaian memang harus cepat dibersihkan. Tapi kamu tetap harus sabar dan bersikat lembut menghadapinya. Apalagi pakaian dengan bahan yang rentan dan butuh perhatian khusus.

Saat mencuci pakaian, gunakan cairan pembersih noda untuk mengangkat noda kotoran pada pakaian. Gosokkan pada bagian baju dengan noda menggunakan jarimu. Rendam pakaian dalam air selama beberapa saat, dan remas pakaian dengan lembut beberapa kali. Hanya dalam waktu 15 menit, hampir keseluruhan noda sudah dapat terangkat dengan baik.

Membilasnya baju di bawah air mengalir

Seperti saat kamu akan mencuci baju, sebaiknya kamu juga menghindari membilas di bawah air mengalir ya Folvarians. Aliran air yang mengenai pakaianmu bisa menyebabkan baju jadi tertarik, yang bisa berakhir pada melar. Wah, yang tadinya ingin mencuci baju agar pakaian jadi bersih malah bisa berakhir merusaknya.

Triknya di sini adalah membilas baju seperti ketika kamu mencuci baju. Siapkan ember dengan air dingin yang tenang. Bilas pakaian dengan meremas-remas pakaianmu di dalam air sampai pakaian terbilas sempurna. Saat kamu ingin mengangkat pakaian pun, ada hal yang harus diperhatikan loh Folvarians!

Mencuci pakaian yang sudah selesai dibilas harus diangkat keluar dari air. Cara kamu memegang pakaianmu ini adalah kuncinya. Ketika kamu mengangkat pakaianmu dari air, air yang masih ada di pakaianmu akan mengalir turun ke bawah. Hal ini bisa menjadi alasan kenapa pakaianmu mulai melar. Sebaiknya ketika kamu ingin mengangkat pakaian dari air, gunakan kedua tanganmu untuk menopang seluruh bagian dari baju. Setelah itu, kamu bisa meletakkan pakaian yang sudah dicuci ke dalam ember lain.

Memeras kain baju kuat-kuat setelah mencucinya

Kita sering berpikir dalam mencuci baju, bisa mengeringkannya dengan cepat pasti akan sangat membantu. Karena itulah muncul metode memeras pakaian kuat-kuat untuk mengeluarkan air dari pakaian. Mungkin cara mencuci baju ini memang bisa membantu pakaian untuk kering lebih cepat. Tapi juga mempercepat usia bajumu loh.

Ketika kamu memeras bajumu sampai kering kuat-kuat, pakaianmu akan tertarik dengan kuat juga. Hal ini menyebabkan selesai mencuci baju akan ada banyak pakaian yang mulai melar. Cara terbaik untuk menghilangkan kandungan air sebanyak-banyaknya dari pakaianmu tanpa merusaknya adalah dengan meratakannya di atas handuk. Gulung handuk dan pakaianmu bersama, remas dengan lembut selagi kamu melakukannya. Setelah selesai, buka gulungan.

Mencuci baju dan menggantungnya hingga kering

Mencuci baju dan menggantungnya hingga kering adalah hal biasa yang selalu kita lakukan. Tapi hal ini juga dapat menyebabkan pakaian jadi melar, bahkan kehilangan bentuknya loh. Apalagi baju berbahan melar seperti kain spandex. Triknya di sini mirip dengan ketika kamu akan memeras air keluar dari pakaian. Tidurkan pakaian-pakaianmu yang berbahan rentan atau rajutan di atas handuk kering. Biarkan udara masuk dan membantu mereka mengering. Setelah bagian depan kering, balik baju dan lakukan hal yang sama pada bagian belakangnya.

Itu tadi beberapa tips yang bisa kamu coba ketika mencuci baju menggunakan tangan persembahan dari Folva. Semoga harimu menyenangkan ya Folvarians!

This information is brought to you by Folva Clothing (www.folvaclothing.com)

 

Sumber : https://folvaclothing.blogspot.com/2019/11/tips-mencuci-baju-mudah-memakai-tangan.html